Free webhosts that support PHP

Agustus 20, 2009

PHP_heart Setelah kita install WP pada komputer dan kita “fooling around” dengan berbagai template (lihat post template gratis yang menawan) yang pas untuk tema blog serta customized sana-sini; tibalah saatnya untuk memilih webhost yang akan kita jadikan tempat untuk menampung rumah WP dan semua postingan kita.

Pada prinsipnya webhost dibagi dua macam dari kacamata “duit”, yaitu webhost berbayar dan webhost gratis. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Meskipun webhost berbayar rata-rata lebih banyak lebihnya dibanding webhost gratis, aku katakan “kekurangan” karena dengan budget yang ada ternyata feature webhost berbayar ada yang kalah dibandingkan dengan webhost gratis.

Kita ambil contoh untuk hosting di salah satu webhosting di Indonesia, aku harus keluarkan Rp. 60.000/bln untuk mendapat webhost dengan spesifkasi:
* 1GB Disk Space
* 6GB Bandwith
* Unlimited email & subdomain
* PHP4 and PHP5
* Fantastico
* Unlimited MySql v 4 & 5 db dan
* feature standar lainnya seperti FTP account, site builder, webmail dan lain sebagainya.

Bandingkan dengan webhost gratis yang menawarkan
* 5500 MB disk space
* 200 GB monthly transfer
* FTP account
* Zend encoder supported
* Ion Cube support
* 50 addon domains
* 50 parked domains
* 50 sub domains
* 50 MySQL databases
* PhpMyAdmin
* Unlimited POP email accounts
* Web mail
* PHP sendmail enabled
* Custom MX records
* Fantastico type installer
* dan feature lainnya.

Terlihat bahwa webhost gratis tersebut menawarkan space dan bandwidth yang jauh lebih besar (dan didukung perangkat yang cukup memadai) dari pada webhost berbayar Rp. 60.000,-/bln.😦

Mending sewa webhost luar saja, paling juga $4 – $5 per bulan dan dapat fasilitas yang wah …. unlimited space, unlimited transfer, unlimited DB, unlimited domain, unlimited e-mail account dan lain sebagainya.

Pada umumnya kekurangan nyata webhost gratis adalah banyak larangan-nya; tidak boleh konten ini-itu, tidak boleh script ini-itu dan lainnya sehingga sangat direkomendasikan bahwa kita harus benar-benar mempelajari “Term of Service” (TOS) yang biasanya cuma kita klik checkbox “I agree to the Term of Service” tanpa membaca dengan seksama terlebih dahulu. Jangan sampai setelah kita capek-capek membangun web dan karena ketidaktahuan kita ternyata melanggar TOS sehingga ditutup oleh administrator … opo ora ngenes …🙂. Yang tidak kalah penting adalah jika ada apa-apa seperti service berhenti atau ada gangguan akses terhadap account kita, kita tidak bisa terlalu menuntut dan akan ditanggapi karena memang gratisan.

Setelah kita tahu kelebihan dan kekurangan webhost berbayar dan gratisan, sebelum menentukan webhosting yang mana yang akan dipakai sebaiknya dulakukan analisa resiko meskipun secara singkat, sederhana dan mungkin subyektif juga. Pertimbangan resiko ini mempertimbangkan apa tujuan web kita, anggaran yang dipunyai, kompleksitas web, expektasi traffic, kemudahan membayar, kemudahan akses dan lain sebagainya (ditambah apa saja requirement kita).

Beberapa webhost provider berikut dapat menjadi pertimbangan yang saya pilih dengan metode yang sangat subyektif artinya validitas metode saya ini tidak dapat dipertanggungjawabkan karena metode ini cukup memuaskan saya tetapi belum tentu memuaskan blogger lain.

Pencarian webhost dicari dengan google dengan kata kunci “webhosting Indonesia” dan “free php web hosting”. Feature standar webhost ini adalah PHP dan database.

Beberapa webhost berbayar Indonesia menawarkan harga yang cukup murah, bahkan ada yang Rp. 1000,-/bln, adalah:

1. eazymart
2. kotahosting
3. masterweb
4. idewebhost –> ada yang Rp. 1.000/bln dengan fasilitas komplit
5. rumahweb

Untuk free PHP-MySQL webhost, cara testing-nya disamping melihat fasilitas yang ditawarkan adalah dengan melihat waktu loading webhost provider. Jika mereka me-listing website yang ada pada webhostnya, akan sangat mudah untuk sekedar melihat waktu loading website yang di-host pada web provider tersebut. Jika tidak, terpaksa daftar dan melihat sendiri hasilnya maksudnya waktu loadingnya cepat atau tidak. Beberapa menyediakan domain name support, fantastico dan Cpanel seperti hosting professional.

Beberapa free PHP-MySQL web hosting provider yang boleh dicoba adalah:

1. Byethost
2. Freehostia
3. 000webhosting
4. Hoxt
5. Zymic
6. 110mb
7. sitesfree
8. yourfreehosting

Hosting diatas yang menurut saya menarik saja, untuk hosting lebih lengkapnya bisa dilihat di free webhost PHP.

Cheers … happy hosting🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: