Membuat RSS feed untuk website

Oktober 8, 2009

CoffeeCup_Feed_Add_256x256

RSS singkatan dari “Really Simple Syndication”. Cara kerja RSS secara sederhana adalah manakala kita posting berita baru ke blog, berita tersebut tidak hanya termuat di website kita tetapi menyebar kepada semua website yang memuat RSS dari website kita. Jadi seperti cc: dari email kita.

Untuk mendapatkan berita yang kita inginkan, silakan download RSS Reader secara gratis dari http://www.RssReader.com. Setelah program terinstal, kita dapat memilih topik yang kita inginkan dan berita terkait topik tersebut akan terkirim ke kita.
RSS reader akan men-scan sumber berita untuk mencari berita baru. Jika kita memasang RSS feed pada website kita maka berita tersebut akan terkirim ke website kita. Hal ini akan dilakukan secara berkala sehingga web kita seperti di-update terus beritanya padahal berita itu bersumber dari website sumber berita kita.

Keuntungan lain, mesin pencari akan memberi kita Page Rank lebih tinggi karena dia mengira website kita diupdate secara regular.

Pada blog wordpress, dengan mudah kita bisa menambahkan RSS feed ini pada sidebar dengan bantuan widget. Kita tinggal memasukkan link rss yang kita mau, misal http://www.kompas.com/getrss/all untuk berlangganan berita kompas.

Jika kita mau menambahkan RSS feed pada badan web maka kita perlu menambahkan script khusus. Tetapi tidak usah khawatir karena ada feed informer yang akan membantu kita membuatkan script ini.

Kita mulai saja langkah-langkahnya. Cuma tiga langkah saja kok dan mudah.

Langkah 1:
Cari RSS Feed dari website syndication yang kita inginkan, misal: http://www.kompas.com/getrss/all atau http://www.cnn.com/rss/.
Caranya mudah, jika lihat simbol RSS atau XML seperti rss atau xml, klik kanan “save link”/”copy link location” untuk meng-kopy URL.

Langkah 2:
Buka http://www.feeddigest.com dan paste URL tersebut pada digest. Kita perlu register dulu jika baru pertama kali.
Kita dapat melakukan customization setelah itu baik tampilan maupun bagaimana feed itu akan ditampilkan. Terakhir adalah mendapatkan kode/script yang akan kita tempel pada website kita, seperti biasa select all dan copy.

Langkah 3:
Edit html atau php website kita untuk menambahkan script yang kita copy tadi.

Mudah bukan!🙂

Selamat mencoba🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: