Copas website yang di-protect (“No right click”)

Februari 19, 2010

Kadang kita ingin meng-copas (copy and paste) konten website tertentu untuk dijadikan bahan editan pada word processor atau kepentingan apapun, tetapi webpage tersebut di-protect sehingga proses pemilihan (selecting) tidak bisa dilakukan. Dengan kata lain “no right click” atau “disable copy and paste” pada website tersebut. Memang ada beberapa tingkatan security dari yang sederhana (pasang script yang contohnya bisa didapatkan di sini) sampai yang canggih. Ada cara sederhana untuk pemula yang dapat digunakan untuk melakukan itu.

Yang pertama, kadang dengan Ctrl+A (Edit>Select all) masih bisa melakukan proses select ini sehingga seluruh halaman jadi ke-select dan langsung dapat diikuti dengan Ctrl+C (edit>copy) dan Ctrl+V (edit>paste)

Jika cara pertama tidak bisa, cobalah buka page source webpage yaitu View>Page source (Ctrl+U) pada firefox atau View>Source (pada IE) dan akan terbuka kode html-nya. Langkah selanjutnya tinggal pilih text yang diinginkan dan copas deh.

Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil, pada firefox buka “Tools > Options > Content” dan “uncheck enable java” dan “uncheck enable javascript”.

Jika masih gagal coba copy dan paste code ini ke address bar browser javascript:void(document.onselectstart=null) dan klik enter dan coba klik kanan.

Jika masih gagal juga banyak-banyaklah bersedekah dan beramal baik ….🙂 ora nyambung dab.

Berita buruknya, copas hanya bisa dilakukan untuk text saja sedangkan gambar belum tahu caranya selain melihat cache browser atau pake screen capture atau print pdf webpage, convert ke jpg dan diedit pake photoshop.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: