Resep bersyukur ala Mbak Ratna

April 11, 2010

Ketika di KRL (Kereta Rangkaian Listrik) Ekonomi Serpong – Tanah Abang, sering lewat pengamen, maaf, tuna netra menyanyikan lagu dengan iringan tape atau ada juga satu yang bawa gitar. Kadang menyanyi ditemani anak atau bersama istri. Berkali-kali bersliweran dan baru kemarin terpikir untuk membayangkan bagaimana beliau-beliau ini melewati hidup dengan tidak melihat.

Saat itu juga baru teringat resep bersyukur dari Mbak Ratna. Mbak Ratna ini adalah rekan kerja selama hampir 8 tahun yang bahu-membahu mengurus akreditasi lembaga inspeksi (ISO/IEC 17020). Beliau bilang “Pak, kalau kita sedang sedih, patah semangat, atau apa yang membuat kita merasa helpless; cobalah untuk memejamkan mata 10 menit saja untuk menenangkan diri. Sambil memejamkan mata, dalam keadaan tidak dapat melihat karena mata kita terpejam cobalah untuk membayangkan saudara-saudara kita yang selama hidupnya tidak melihat. Bayangkan jika diri kita dalam keadaan ini selamanya. Dan kita akan merasa bersyukur bahwa meskipun kita sedang susah, sedih dan lain sebagainya kita masih diberi karunia yang sangat luar biasa. Yaitu mata kita sehingga kita bisa melihat indahnya dunia, warna, dan segalanya. Bayangkan saudara-saudara kita yang tidak dapat melihat semuanya itu sepanjang hidupnya. Hidup dalam gelap selamanya.”

Bener juga resepnya, coba kalau tiba-tiba dari dapat melihat menjadi tidak dapat melihat, pasti hidup kita serasa bagai mau kiamat. Itu baru nikmat melihat, belum nikmat mendengar, nikmat berbicara, nikmat sehat, nikmat tangan, nikmat kaki dan lain sebagainya dan lain sebagainya.

Klo Pak Kiai bilang untuk bersyukur, cobalah untuk melihat yang kebawah. Yang naik mobil, Alhamdulillah naik mobil orang lain banyak yang hanya bisa naik motor. Yang naik motor, Alhamdulillah naik motor orang lain banyak yang hanya bisa naik sepeda. Dan seterusnya.
Tetapi untuk maju, cobalah untuk melihat keatas.

Semoga kita tetap berpikir positif dan bersyukur. Amin.

2 Tanggapan to “Resep bersyukur ala Mbak Ratna”

  1. abi said

    sepertinya kenal dengan mbak ratna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: