Instalasi WordPress pada webhost secara manual

Agustus 24, 2009

wordpress-icon-512 Setelah kita memilih dan menetukan pilihan pada webhost mana wordpress (WP) kita akan diupload yang perlu diperhatikan adalah adalah apakah webhost kita menyediakan fasilitas automatic script installer/Fantastico atau tidak. Jika Ya, salah satunya adalah byethost, maka instalasi WP menjadi sangat mudah, tinggal klik dan isi yang diperlukan, selesai.
Jika tidak, seperti 000webhost (Meskipun pada control panel menyediakan fasilitas ini, tetapi sampai post ini ditulis tidak berfungsi. Semoga sewaktu blogger mendaftar dan login sudah berfungsi:)), maka kita harus menginstall WP secara manual.

Jangan khawatir, karena instalasi online semudah instalasi offline bahkan lebih mudah karena tidak perlu menginstall paket server Apache-MySQL-PHP karena sudah ada pada webhost.

Yang perlu diketahui hanyalah alamat database server (MySQL Host), database user name, data base password dan data base name yang kita buat. Semua data tersebut untuk diisikan pada wp-config.php yang akan kita upload. (Jika belum familiar dengan hal ini silakan lihat posting ini).

Jangan lupa siapkan FTP client seperti filezilla untuk memudahkan upload jika pada file manager tidak ada fasilitas “ekstrak”. Jika tanpa FTP dapat dibayangkan ribetnya proses upload file kita. Informasi FTP account biasanya akan diberikan bersama dengan email informasi login webhost kita.

Sebagai contoh, berikut step by step menginstall WP pada 000webhost.com. Untuk webhost yang lain prinsipnya sama saja.

1. Masuk ke Control Panel Webhost dan klik MySQL

000webhost_2

2. Buat database. Isikan nama database, user name dan password. Jangan lupa alamat MySQL server-nya, jika tidak ada informasi apapun mengenai alamat MySQL server biarkan saja define(‘DB_HOST’, ‘localhost’); tetap begitu pada wp-config.php.

000webhost_1

Setelah wp-config.php di-edit dengan setting yang kita isikan maka file WP sudah siap untuk di-upload.

Sekarang, kita siapkan FTP client kita. Jika belum ada, gunakan saja FTP gratis Filezilla dan setup connection dengan url FTP dan login yang sesuai. Biasanya port FTP adalah 21.
Setelah berhasil terkoneksi, akan ada dua windows sebelah kiri dan kanan, yang satu menunjukkan folder-folder pada komputer kita yang satu menunjukkan folder-folder pada webhost kita. Pastikan kita tahu dimana seharusnya mengupload file kita, karena ada webhost yang langsung bisa ditaruh di “root” folder atau harus ditaruh di folder tertentu seperti pada 000webhost.com harus ditaruh pada folder “public_html”.
Cara uploadnya sangat mudah tinggal pilih semua file/folder lalu “drag and drop” pada folder tujuan. Tunggu hingga semua file transfer selesai.

Nah, sekarang waktunya install.
Untuk install ketikkan saja pada address bar browser kita http://domain_kita/folder_WP_kita/wp-admin/install.php.
Proses selanjutnya seperti instalasi WP offline.

Selamat mencoba.

8 Tanggapan to “Instalasi WordPress pada webhost secara manual”

  1. yoyokhartoyo said

    thanks,2hari mutermuter nyari solusi ktemu dech…matur nuwun sanget mas

  2. Boleh donk di bahas “Proses selanjutnya seperti instalasi WP offline”🙂

    • sugengcorner said

      Ya OK thanks, tapi di bagian lain kelihatannya sudah pernah aku tulis deh nanti aku kasih linknya deh. Gsmpang kok tinggal install wp dan setiing dikit.database namenya🙂

  3. Jefry said

    cukup panjang juga ya langkah2 dalam menginstall blog wordpress di cpanel secara manual ??
    terima kasih banyak atas ilmunya, sangat bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: